Ricoh Boyong Printer Laserjet Isi Ulang Pertama di Dunia

Jakarta - Ricoh menandai awal kehadirannya di pasar printer Indonesia dengan seri laserjet SP-100 dan SP-202sn. Ini merupakan printer laserjet pertama di dunia yang menggunakan toner isi ulang yang asli (original)..

Read more

Ricoh SP 100 dan SP 202sn, Laserjet Isi Ulang Pertama di Dunia

gallery

Jakarta – Ricoh baru saja meluncurkan printer laserjet isi ulang pertama di dunia lewat SP-100 dan SP-202sn. Bersama PT Pasifik Internusa sebagai distributor tunggalnya...

Read more

Ricoh Aficio SP 100

gallery

Seri ini merupakan printer pertama di dunia yang menggunakan toner yang secara resmi bisa diisi ulang....

Read more

Printer Infus Epson Diklaim Paling Indonesia

Printer 'Infus' Epson Diklaim Paling Indonesia

http://images.detik.com/content/2014/04/24/317/epson4.jpg

Epson L1300 (eno/detikINET)


Jakarta - Epson mengaku sudah melakukan riset mendalam untuk menemukan produk yang pas buat pengguna di Indonesia, dari situ maka terlahirlah jajaran printer berikut ini.

Pengguna di Indonesia dianggap punya cara penggunaan yang berbeda, kebanyakan dari mereka ingin mencetak banyak gambar, tapi dengan biaya yang terjangkau.

Melihat hal itu Epson menganggap printer 'infus' bisa menjadi jawaban, dan sudah ada beberapa tipe produk jenis ini yang diklaim sangat diterima dipasaran.

Kini Epson kembali meluncurkan printer dengan berbasis 'infus' atau sistem tinta tanki, yakni L1300 dan L1800 khusus untuk pengguna yang ingin mencetak dalam ukuran A3.

Epson L1300 dilengkapi dengan tinta 4 warna (Cyan, Magenta, Yellow, dan Black) sedangkan untuk L1800 hadir dengan sistem tangki tinta 6 (Cyan, Magenta, Yellow, Black, Light Magenta, dan Light Cyan).

"Kami banyak mendengar masukan-masukan dari konsumen di Indonesia, dan kami berusaha untuk menghadirkan produk yang sesuai dengan keinginan mereka," kata Managing Director Epson, Endo Koichi.

"Kami yakin produk ini dapat memberikan kualitas cetak terbaik dengan biaya yang terjangkau," tambahnya, saat meluncurkan kedua printer tersebut di Hotel Mulia, Jakarta.

Selain L1300 dan L1800 Epson juga memperkenalkan L120 dan L555 yang sudah dilengkapi dengan fitur Wifi.

Seluruh printer tersebut rencananya akan tersedia dipasaran mulai Mei 2014 dengan harga Rp 1,6 juta untuk L120, Rp 5,9 juta untuk L1300, Rp 7 juta untuk L1800 dan L555 yang dijual dengan banderol Rp 3,750,000.


(eno/eno)

Sumber : detik.com

Ricoh SP 100 dan SP 202sn, Laserjet Isi Ulang Pertama di Dunia

Ricoh SP 100 dan SP 202sn, Laserjet Isi Ulang Pertama di Dunia

Jakarta – Ricoh baru saja meluncurkan printer laserjet isi ulang pertama di dunia lewat SP-100 dan SP-202sn. Bersama PT Pasifik Internusa sebagai distributor tunggalnya, Ricoh meluncurkan printer laserjet pertama di dunia yang menggunakan toner isi ulang.

Kedua printer terbarunya ini memiliki kemampuan untuk mencetak dengan hasil yang berkualitas. Biaya pemakaiannya juga rendah karena Ricoh Toner asli berisi 80 gram bisa digunakan untuk mencetak hingga 2 ribu lembar.

“Kalau di mesin fotokopi saja sudah bagus, kualitas hasil print dari laserjet seharusnya tidak perlu diragukan lagi,” ungkap Richard Pillar, Direktur PT Pasifik Internusa.

Selain biaya yang irit, salah satu printer yang diluncurkan hari ini, Rabu (27/6), merupakan printer laserjet tertipis di dunia. “SP-100 merupakan printer laserjet yang tipis dan mudah dibawa,” ujar Ben B. W Chong, General Manager Strategi Marketing PT Ricoh.

Sebagai perkenalkan awal, tambah yaifullah, General Manager PT Pasifik Internusa menargetkan bisa menjual 10 ribu unit printer ini dalam waktu setahun demi mewujudkan tujuan Ricoh sebagai salah satu vendor printer ternama di Indonesia. (lkh/hz)

Sumber : telsetnews.com

Ricoh Boyong Printer Laserjet Isi Ulang Pertama di Dunia

Ricoh Boyong Printer Laserjet Isi Ulang Pertama di Dunia

Jakarta - Ricoh menandai awal kehadirannya di pasar printer Indonesia dengan seri laserjet SP-100 dan SP-202sn. Ini merupakan printer laserjet pertama di dunia yang menggunakan toner isi ulang yang asli (original).

Ricoh yang merupakan brand asal Jepang telah lama berkecimpung di industri fotokopi. Pengalaman panjang di industri fotokopi ini yang dilanjutkan ke printer dengan menghadirkan inovasi printer laserjet isi ulang.

"Kualitas teknologi printer Ricoh dapat dihandalkan seperti halnya teknologi fotokopi Ricoh. Ricoh meluncurkan printer laserjet yang dapat diisi ulang karena melihat adanya demand atau tren pasar di Indonesia yang menyukai suka konsep isi ulang," ujar Ken Tokuhiro, Senior General Manager Strategic Marketing Ricoh, dalam keterangan tertulis, Senin (1/7/2013).

Ricoh SP-100 memiliki kapasitas cetak hingga 10.000 lembar kertas dalam sebulan sedangkan 20.000 lembar untuk tipe SP-202sn dengan kecepatan cetak lembar pertama 6 detik dan resolusi cetak 1200 x 600 dpi.

Biaya pemakaian perangkat ini diklaim rendah karena bila memakai Ricoh Toner yang asli dengan isi 80 gram dapat digunakan untuk mencetak 2.000 lembar.

Ricoh SP-100 adalah printer laserjet hitam/putih dengan tampilan yang cantik. Dengan dimensi 402 (W) x 368.5 (D) x 119mm (H) dan berat 6.2 kg, sehingga dikatakan sebagai printer laserjet tertipis di dunia saat ini.

Bentuknya yang kecil ini sangat mendukung lingkungan kerja karena tidak memerlukan tempat yang luas tidak seperti halnya printer jenis inkjet atau laserjet lainnya.

Desain SP-100 bahkan mendapatkan penghargaan iF Design Award 2013, yaitu pengakuan tertinggi kepada para pelaku industri terkait tampilan desain dari forum desain dunia.

Sementara itu, Ricoh SP-202sn merupakan printer all-in-one yang dapat digunakan untuk print, scan, fotokopi dan dapat terkoneksi dengan jaringan kabel dan nirkabel.

SP-202sn dengan cartridge high-yield dapat mencetak sebanyak 2.600 lembar ukuran kertas A4, serta dapat mencetak sebanyak 22 lembar per menit dengan kapasitas 100 lembar kertas. Printer ini memiliki ukuran 402mmx360mmx291mm (H) dan berat 9.9 kg.

Kehadiran Ricoh di pasar printer Tanah Air tentu menambah semarak pilihan pengguna printer. Di Indonesia, Pasifik Internusa menjadi distributor tunggal printer Ricoh.

"Pasar printer di Indonesia sangat bagus, terlebih lagi prospeknya untuk printer isi ulang. Oleh karena itu kami optimis dapat memasarkan sebanyak 10.000 printer Ricoh hingga akhir tahun 2013," umbar Richard Pallar, Direktur PT Pasifik Internusa.

Sumber : detik.com

Ricoh Aficio SP 100

 

Dengan Toner Isi Ulang

Seri ini merupakan printer pertama di dunia yang menggunakan toner yang secara resmi bisa diisi ulang.

Dikenal lama sebagai produsen mesin fotokopi membuat Ricoh tergelitik turut meramaikan pasar printer laser lewat duet laser monokrom-nya. Kami pun berkesempatan menguji salah satunya yakni seri Aficio SP-100. Produk ini menjadi model printer laser tertipis yang sempat meraih penghargaan “iF Design Award 2013” dari Jerman.

Selain desainnya yang ramping dan tipis, keunikan lainnya terletak pada toner-nya yang bisa diisi ulang. Pengguna bisa mengisi ulang toner-nya dengan bubuk toner resmi yang juga diproduksi Ricoh. Ricoh optimis dan yakin bahwa feature isi ulang pada printer laser bisa menjadi salah satu nilai tambah yang bisa menarik minat konsumen.

Bentuk fisik produk ini menyerupai printer inkjet dengan desain yang ramping memanjang. Bobotnya yang ringan memungkinkannya dipindahkan dan ditempatkan di meja secara mudah. Karena menyasar pengguna rumahan yang memiliki aktivitas cetak yang tidak terlalu banyak, kapasitas input dan output kertas hanya mampu menampung hingga 15 dan 10 lembar saja. Jumlah ini memang terbilang terlalu sedikit, bahkan untuk kalangan pengguna rumahan.

Tampilan yang minimalis dipertegas dengan hanya tersedianya dua tombol pada sisi kanan. Ini disebabkan karena sebagian besar pengoperasiannya dilakukan via komputer. Dua tombol ini masing-masing adalah Form Feed. (berfungsi melanjutkan /resume proses mencetak yang terhenti akibat kertas habis) dan Job Reset. Tombol ini berfungsi sebagai pembatal perintah cetak. Tombol ini bekerja menghentikan segala proses pencetakan dengan segera.

Untuk melihat kinerjanya, kami melakukan beberapa metode pencetakan dokumen, mulai dari file berbasis teks, dokumen PDF, serta gambar. Kecepatan cetaknya memang tidak istimewa jika dibandingkan dengan printer laser umumnya. Namun, kecepatannya tetap lebih unggul dibandingkan kinerja printer inkjet. Dari sisi hasil cetaknya, printer laser ini unggul dalam hal kepekatan saat mencetak warna hitam. Bahkan lapisan bubuk toner yang menempel pada kertas akan bertahan terhadap percikan air.

****

Ricoh Aficio SP-100 memang bukan printer laser yang hebat dari sisi kinerja. Namun daya tarik lainnya terbilang cukup baik. Bentuk ramping, kualitas cetak tidak mengecewakan, penggunaan daya lebih efisien dibandingkan printer laser lainnya, serta bubuk toner yang bisa diisi ulang merupakan hal-hal yang diharapkan bisa menarik bagi konsumen UKM dan rumahan.

Hasil Pengujian

Kecepatan 5 halaman 1 halaman (First Print Out Time)
Teks mono 35 detik 10 detik
Teks+grafis (PDF) 34 detik 15 detik
Gambar A4 (JPG) 32 detik 14 detik
Mono dari idle - sekitar 5 detik
 

Aplikasi monitoring

Anda bisa memantau printer melalui feature Smart Organizing Monitor untuk mengetahui aktivitas serta informasi printer.

Bisa refill

Pada toner terdapat sebuah lubang yang bisa diisi dengan bubuk isi ulang yang mampu mencetak hingga 1.200 lembar.

Tombol minimalis

Karena semua fungsi cetak dilakukan melalui komputer, printer ini hanya menyediakan dua tombol fisik yaitu Form Feed dan Job Reset.

Spesifikasi

Metode cetak Laser monokrom
Resolusi Hingga 1200×600 dpi (optis/maks.)
Prosesor 80 Mhz
Memori 16 MB
Antarmuka USB 2.0
Dukungan jaringan Tidak ada
Maks.cetak 1 toner Hingga 500/1200 halaman (starter/toner)
Sistem operasi Windows XP/Vista/7/Server 2003/2008
Paper input/output 15/10 lembar
Jenis kertas Plain, recycled, thin, thick paper
Ukuran kertas A4, B5, A5, Letter, Executive, Folio, Legal, Envelope, custom size
Dimensi (plt) 40,2×36,85×11,9 cm
Berat 6,2 kg
Konsumsi listrik 5 – 60/70 watt (energy saver/maks.)
Kelengkapan Manual, Kabel power, Kabel USB, CD
Garansi 1 tahun
Situs Web http://www.ricoh-ap.com
Harga (kisaran)* Rp990.000
Harga toner (refill)* Rp150.000

* PT Pasifik Internusa, (021) 570-0140; Minggu kedua Juli 2013

 

Plus : Desain ramping; toner-nya bisa diisi ulang; hasil cetak pekat; harga terjangkau; konsumsi daya rendah; cetak bolak-balik (manual duplex).

Minus : Kecepatan kurang gegas; kertas yang dicetak melengkung; daya tampung kertas terlalu sedikit.

Skor Penilaian

- Kinerja

- Fasilitas

- Kemudahan

- Harga

- Skor total

: 4,25

: 3,25

: 4

: 4

: 3,85

 

Sumber : infokomputer.com